PERILAKU KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE OFFLINE MELALUI OMNICHANNEL DALAM MEMBANGUN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)

Isi Artikel Utama

ralin khairunnisah
Ratu Mutialela Caroboka
Rahma Santhi Zianaida
Bastian Zabir

Abstrak

Ekonomi digital menjadi tantangan pemerintah untuk melakukan perubahan model bisnis pada sektor usaha. Perubahan paradigma dan cara pandang di bidang pemasaran dalam era globalisasi menjadi sebuah kewajiban pelaku bisnis. Metode omnichannel dapat menumbuhkan basis pelanggan loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perilaku komunikasi pemasaran online offline melalui omnichannel dalam membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pendekatan yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan indepth study (pendekatan mendalam). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perilaku komunikasi yang fokus pada perilaku pengalaman pelanggan, berupa keramahan dan real time respon; 2) Perilaku dalam menggunakan data sebagai penyusunan rencana pemasaran; 3) Perilaku sesuai segmentasi prospek dan personalisasi alur bisnis; 4) Perilaku komunikasi dengan penerapan context marketing / konteks yang relevan; 5) Pendekatan sosial media melalui alat otomatisasi yang tepat; dan 6) Perilaku komunikasi yang berpusat pada pelanggan / customer centric, menempatkan calon konsumen sebagai teman untuk menjalin komunikasi yang sinergis dengan tujuan membuat loyalitas pelanggan meningkat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
PERILAKU KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE OFFLINE MELALUI OMNICHANNEL DALAM MEMBANGUN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). (2023). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 2(3), 67-73. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16316
Bagian
Articles

Cara Mengutip

PERILAKU KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE OFFLINE MELALUI OMNICHANNEL DALAM MEMBANGUN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). (2023). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 2(3), 67-73. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16316