Sistem Informasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus Desa Talang Seleman)

Main Article Content

Muhammad Assahur
Fenando Fenando
Timur Dali Purwanto

Abstract

Pemilihan kepala desa merupakan hal yang harus dilakukan karena berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada masa jabatan kepala desa ada batasnya sama halnya dengan presiden, kepala daerah dan jabatan lain. Tak menuntut kemungkinan di bidang pemilihan kepala desa juga menggunakan kemajuan teknologi informasi, seperti menerapkan pemungutan suara berbasis elektronik atau lebih dikenal dengan sebutan e-Voting. e-Voting telah berkembang di berbagai belahan dunia seperti belanda dan negara maju lainnya, e-Voting dapat berupa sebuah aplikasi desktop ataupun halaman web dan e-Voting dapat dilakukan dengan desktop biasa. Dalam perkembangan teknologi informasi sekarang ini e-Voting dapat dikembangkan melalui perangkat seluler seperti SMS Gateway ataupun aplikasi android pada telepon pintar. Dengan memanfaatkan metode SMS Gateway pemungutan suara pada pemilihan diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pemilihan tanpa harus berada dan antri di tempat pemungutan suara (TPS) dan juga dapat menghemat biaya operasional pemilihan dan menyediakan informasi akurat kepada pemilih mengenai hasil dari pemungutan suara.

Article Details

How to Cite
Sistem Informasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus Desa Talang Seleman). (2017). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 15-28. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3857
Section
Articles

How to Cite

Sistem Informasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus Desa Talang Seleman). (2017). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 15-28. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3857

References

Handayani, S. (2012). Membuat SMS Gateway dengan Delphi 7. Bandung: Widya Media.
Maulana, S. (2015). 5 Proyek Populer SMS Gateway . Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7. Yogyakarta: Andi.
Rokhman, A. (2011). Prospek dan Tantangan Penerapan e-Voting di Indonesia. Seminar Nasional Peran Negara dan Masyarakat dalam Pembangunan Demokrasi dan Masyarakat Madani di Indonesia, 1-11.
Saputra, A. (2011). Panduan Praktis Menguasai Database Server MySQL. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.