Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pembelian dan Penjualan pada Apotek Mahkota

Main Article Content

Susanti Susanti
Mustafa Ramadhan
Fenando Fenando

Abstract

Apotek Mahkota adalah apotek yang bergerak di bidang penjualan obat, sistem yang sedang berjalan di Apotek Mahkota ini masih menggunakan sistem manual yaitu proses pengolahan data masih melakukan pembukuan sehingga sering mengalami masalah pada perhitungan seperti persediaan stok obat, penjualan, dan laporan penjualan. Setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka dirancang sebuah sistem informasi manajemen (SIM) pembelian dan penjualan menggunakan metode pengembangan web engineering, kemudian diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database-nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada karyawan dalam mengetahui persediaan stok obat, data pembelian obat, melakukan penjualan secara terkomputerisasi, mengetahui laporan pembelian dan laporan penjualan secara mudah dan cepat serta mengetahui grafik penjualan pada Apotek Mahkota. Hasil penelitian ini berupa sebuah sistem informasi pembelian dan penjualan untuk menangani input data kemudian diproses sehingga menghasilkan output berupa laporan penjualan dan laporan pembelian.

Article Details

How to Cite
Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pembelian dan Penjualan pada Apotek Mahkota. (2015). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 1(1), 53-60. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/3824
Section
Articles

How to Cite

Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pembelian dan Penjualan pada Apotek Mahkota. (2015). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 1(1), 53-60. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/3824

References

Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7. Yogyakarta: Andi.
Scott, G. M. (2001). Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen, diterjemahkan oleh Achmad Nashir Budiman. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Sutabri, T. (2004). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.