Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Online Untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v8i1.23227Keywords:
Quizizz , Media Pembelajaran, Anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat manfaat Quizizz sebagai media pembelajaran online bagi anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian terdiri dari 142 anak usia dini yang berusia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Al-Amin Batuangkar. Penelitian berlangsung selama tiga bulan, dari Januari hingga Maret 2024. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara terstruktur dengan guru, dan kuesioner untuk mengukur persepsi siswa terhadap penggunaan Quizizz. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz secara signifikan meningkatkan minat belajar dan pemahaman materi angka dalam bahasa Arab pada anak usia dini. Anak-anak yang menggunakan Quizizz menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pendidik dan institusi pendidikan mempertimbangkan integrasi Quizizz atau platform sejenis dalam kurikulum pembelajaran untuk anak usia dini, mengingat dampak positifnya terhadap motivasi dan hasil belajar anak. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya dalam pemanfaatan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.Downloads
References
Aisy, N. R., Sartika, I. D., Murtopo, A., & Wahyuni, D. (2024). Game digital tebak gambar berbasis kearifan lokal budaya Lampung. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 6(1), 39–51. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7457
Anak Yunus, C. C., & Hua, T. K. (2021). Exploring a gamified learning tool in the ESL classroom: The case of Quizizz. Journal of Education and E-Learning Research, 8(1), 103–108.
Andesta, D., Muhtarom, Sartika, I. D., Wahyuni, D., Febrianti, & Dewi, K. (2024). Digital-based Logma educational game on early childhood logic-mathematics intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 19–30. https://doi.org/10.17509/cd.v15i1.66904
Brace, I. (2018). Questionnaire design: How to plan, structure and write survey material for effective market research. Kogan Page Publishers.
Dewi, W. D. P. F., & Santosa, M. H. (2022). A Systematic Review: The Implementation of MALL toward Students’ Reading Skill. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 10(2), 219–225.
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285.
Holmes, K., & Prieto-Rodriguez, E. (2018). Student and staff perceptions of a learning management system for blended learning in teacher education. Australian Journal of Teacher Education (Online), 43(3), 21–34.
Istiqomah, D., Atika, N., Sartika, I. D., & Wahyuni, D. (2024). Pengaruh pendekatan pembelajaran STEAM terhadap kemampuan numerasi anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.xxxx
Kim, J. (2020). Learning and teaching online during Covid-19: Experiences of student teachers in an early childhood education practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158.
Lauricella, A. R., Herdzina, J., & Robb, M. (2020). Early childhood educators’ teaching of digital citizenship competencies. Computers & Education, 158, 103989. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103989
Lin, M.-H., Chen, H.-C., & Liu, K.-S. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Litosseliti, L. (2018). Research methods in linguistics. Bloomsbury Publishing.
Mardiyah, T. (2023). Pemanfaatan Quiziz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Bahasa Arab. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(02), 156–170.
Novianti, R., Marega, D., & Wahyuni, D. (2022). Tebona : Permainan untuk melatih konsentrasi anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13292
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.
Rassel, G., Leland, S., Mohr, Z., & O’Sullivan, E. (2020). Research methods for public administrators. Routledge.
Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99.
Sartika, I. D., Handini, M. C., & Hartati, S. (2017). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bulletin board (Penelitian tindakan pada anak kelompok B TK Sehati Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, 2016-2017). Jurnal Visipena, 8(1), 46–58.
Trisia, E., Sartika, I. D., & Murtopo, A. (2024). Pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Berlian desa Suka Damai kecamatan Pangkalan Lampam kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 122–136. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7459
Yusup, M., Naufal, R. S., & Hardini, M. (2018). Management of utilizing data analysis and hypothesis testing in improving the quality of research reports. Aptisi Transactions On Management, 2(2), 159–167.
Zhang, C., & Lu, Y. (2021). Study on artificial intelligence: The state of the art and future prospects. Journal of Industrial Information Integration, 23, 100224. https://doi.org/10.1016/j.jii.2021.100224
Downloads
Published
Versions
- 30-06-2024 (2)
- 11-08-2024 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.