Kegiatan Mewarnai Dan Perkembangan Anak Usia Dini
Keywords:
Mewarnai, kognitif, stimulasiAbstract
Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh anak usia dini. kegiatan mewarnai dapat menjadi media berekspresi anak, dengan memilih warna-warna yang sesuai dengan keinginannya yang mungkin akan berbeda dengan pilihan temannya yang lain. Selain menyenangkan, kegiatan mewarnai juga dapat dijadikan sebagai media untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini, salah satunya aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan mewarnai di RA Thariqul Izzah Mataram, serta manfaatnya terhadap stimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Hasil Penelitian ini memaparkan bawha pelaksanaan kegiatan mewarnai di RA Thariqul Izzah Mataram terdiri dari bentuk-bentuk kegiatan, tahapan kegiatan dan alat/media yang digunakan. Sedangkan pada perkembangan kognitif, beberapa aspek yang dapat distimulasi antara lain adalah mengenal benda berdasarkan fungsi, konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, pengenalan warna, dan konsep berfikir logis.Downloads
Download data is not yet available.
References
Aisyah, Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi. 2017;1(2):38-43 DOAJ
Berk, Laura E. 2012, Development Through The Lifespan ,Jilid 1. Terj. Sryatno, Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Bisri Mustofa, Metode Menulis Skripsi dan Tesis, (Yogyakarta: Optimus, 2008)
Fakhruddin, Asep Umar, 2010, Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Yogyakarta: Bening.
Hajar Pamadhi, (2011). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hollyday et.all, Journal of Early Childhood Research, Vol 7(3) 244–263 [ISSN 1476-718X DOI:
Mulyani N. 2017, Pengembangan Seni Anak Usia Dini Bandung; Rosdakarya
Mansur, 2011, Pendidikan Aknak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Rahman, Ulfani, Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Jurnal Lentera Pendidikan Vol. 12 No. 1. 2009
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011
Yuliani Sujiono, 2006, Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta: Universitas Terbuka
Munandar, U. 2009. Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Semiawan, R. C. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Pramita, E.W. 2010. Dahsyatnya Otak Anak Usia Emas. Interprebook. Yogyakarta
Berk, Laura E. 2012, Development Through The Lifespan ,Jilid 1. Terj. Sryatno, Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Bisri Mustofa, Metode Menulis Skripsi dan Tesis, (Yogyakarta: Optimus, 2008)
Fakhruddin, Asep Umar, 2010, Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Yogyakarta: Bening.
Hajar Pamadhi, (2011). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hollyday et.all, Journal of Early Childhood Research, Vol 7(3) 244–263 [ISSN 1476-718X DOI:
Mulyani N. 2017, Pengembangan Seni Anak Usia Dini Bandung; Rosdakarya
Mansur, 2011, Pendidikan Aknak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Rahman, Ulfani, Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Jurnal Lentera Pendidikan Vol. 12 No. 1. 2009
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011
Yuliani Sujiono, 2006, Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta: Universitas Terbuka
Munandar, U. 2009. Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Semiawan, R. C. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Pramita, E.W. 2010. Dahsyatnya Otak Anak Usia Emas. Interprebook. Yogyakarta
Downloads
Issue
Section
Articles
How to Cite
Husnaini, nani, & Jumrah, J. (2019). Kegiatan Mewarnai Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112-133. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/4477