Pengembangan Model Video Interaktif Dalam Mengembangkan Keterampilan Toilet Training Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Keywords:
Toilet Tranning, self help skills, video interaktifAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang berperan penting untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat menghadirkan materi pembelajaran yang lebih konkrit dan mudah dipahami oleh anak serta lebih menarik. Kemampuan menolong diri sendiri penting diajarkan sejak usia dini agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, bertanggung jawab, dan peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan. Ketika mengajarkan kemampuan menolong diri sendiri (self help skills) anak memerlukan bimbingan dari orang dewasa sekitarnya, salah satunya toileting. Fenomena ini dipicu karena banyak hal, antara lain pengetahuan ibu yang kurang tentang cara melatih buang air besar dan buang air kecil, pemakaian popok sekali pakai, hadirnya saudara baru dan masih banyak lainnya. Salah satu stimulasi atau keterampilan anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak (TK)adalah pelaksanaan toilet training karena, pembiasaan toilet training sangat penting bagi anak usia dini agar mereka dapat mengenal kebersihan Pada jurnal Nurjanah, ,menjelaskan bahwa masih jumlah balita mencapai 30 % dari 250 juta jiwa penduduk Indonesia, dan menurut Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) nasional diperkirakan jumlah balita yang susah mengontrol buang air besar dan buang air kecil (ngompol) di usia sampai prasekolah mencapai 75 juta anak.. Melalui pengembangan model video interkatif yang menampilkan gambar yang bergerak dan disertai suara serta terdapat unsur dialog yang mengajak anak-anak atau audiens untuk ikut berinteraksi langsung. pengembangan ini menggunakan metode pengembangan ADDIE dan subyek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun TK Nuruddin. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan video interaktif yang bernama “Ayo Kekamar Mandi Sendiri” yang di design dengan beberapa aplikasi canggih sehingga terdapat gambar animasi yang menarik dan suara yang jelas. Video interaktif ini berdurasi empat menit dengan format MP4Downloads
Download data is not yet available.
References
Anwariningsih, S. H. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning Vol.7 No2, 123.
Australia, G. o. (2013, January 1). Toilet Training. Child and Adolescent Helath Service, p. 2.
Ekowati, A. P. (2015). Interaksi Belajar Mengajar. (Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
et.al., M. D. (2013). Pediatric Mentor . Philadelphia: Davis Company.
Hamdani. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Juliana. (2014). Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Selimbau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3 No.3, 2.
Kushnir, B. (2011). The Magic Bowl Parents Guide : Potty Training Made Easy . Chicago: Price World Publishing.
Morisson. (Jakarta ). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 2012: PT Media.
Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta .
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-Content Package by Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 52.
Niswa, A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 01 Nomor 01, 3.
Nurani, Y. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT.INDEKS.
Nurjannah. (2017). Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Toilet Training di Paud Al-Amin Bimasda Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1. No.1, 1.
Pribadi. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
rahmani, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Lentera Pendidikan, Vol .12, No 1, 50.
Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan, Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan,. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis. (Jakarta ). Dasar-Dasar Kependidikan, Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. 2015: Kalam Mulia.
Ramayulis, D.-D. K. (2015). 2015: Kalam Mulia.
Syari, E. (2015). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar. (Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Vol.l 2 No 2, 1.
WHO, P. o. (1997). Life Skill Education In School. Geneva: WHO, Division of Mental Health and Prevention of Substance Abuse.
Australia, G. o. (2013, January 1). Toilet Training. Child and Adolescent Helath Service, p. 2.
Ekowati, A. P. (2015). Interaksi Belajar Mengajar. (Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
et.al., M. D. (2013). Pediatric Mentor . Philadelphia: Davis Company.
Hamdani. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Juliana. (2014). Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Selimbau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3 No.3, 2.
Kushnir, B. (2011). The Magic Bowl Parents Guide : Potty Training Made Easy . Chicago: Price World Publishing.
Morisson. (Jakarta ). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 2012: PT Media.
Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta .
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-Content Package by Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 52.
Niswa, A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 01 Nomor 01, 3.
Nurani, Y. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT.INDEKS.
Nurjannah. (2017). Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Toilet Training di Paud Al-Amin Bimasda Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1. No.1, 1.
Pribadi. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
rahmani, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Lentera Pendidikan, Vol .12, No 1, 50.
Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan, Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan,. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis. (Jakarta ). Dasar-Dasar Kependidikan, Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. 2015: Kalam Mulia.
Ramayulis, D.-D. K. (2015). 2015: Kalam Mulia.
Syari, E. (2015). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar. (Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Vol.l 2 No 2, 1.
WHO, P. o. (1997). Life Skill Education In School. Geneva: WHO, Division of Mental Health and Prevention of Substance Abuse.
Downloads
Published
31-12-2020
Issue
Section
Articles
How to Cite
Amelia, Z., & Nurfuati, R. (2020). Pengembangan Model Video Interaktif Dalam Mengembangkan Keterampilan Toilet Training Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 131-147. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/5473