PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DI TK ANNISA

Authors

  • Izza Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2234

Keywords:

kemandirian, practical life, tamankanak-kanak usia 4-5 tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life kelompok A di TK Annisa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengobservasian, dan perefleksian. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A TK Annisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: dengan teknik observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemampuan kemandirian anak mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak melalui pembelajaran practical life dapat meningkat. Peningkatan kemandirian pada anak pra tindakan diperoleh nilai rerata 75,50% dengan persentase 55.45%, pada siklus I diperoleh rerata 96.58% dengan persentase 72.88%, pada siklus II diperoleh rerata 79,00% dengan persentase 83.66%. Pembelajaran practical life dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemandirian anak TK kelompok A usia 4-5 tahun. Kata kunci: kemandirian, practical life, taman kanak-kanak usia 4-5 tahun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin Yunus. 2010. Penelitian pendidikan dalam hamitan pendidikan dasar dan PAUD. Bandung: Rizqi Press.
Acep Yoni. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Ahmad, Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Anwar & Arsyad, Ahmad. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini (Pandua Praktis Bagi Ibu Dan Calon Ibu). Bandung: Alfabeta.
Aqib Zainal. 2009. Penelitian tindakan kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrma Widya.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan.
Isjoni. 2009. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Johnson, James E. dan Jaipul L. Roopnarine. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Mulyasa. 2016. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Parker, K. L. Brunton, L.L & Lazo, J. S. 2006. Goodman & Gillman’s the Pharmacological Basis of Theurapeutics. New York: McGraw Hill.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sujiono, Y.N. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.
Tim Pustaka Familia. 2006. Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri. Usia Dini. Ciputat: Referensi.
Wiyani. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

29-06-2018

How to Cite

Fitri, I. (2018). PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DI TK ANNISA. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 23-45. https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2234