Aplikasi Pembelajaran Dasar Anak Retardasi Mental Berbasis Android (Studi Kasus: Sekolah Luar Biasa (SLB) C Karya Ibu Palembang)

Main Article Content

Ruliansyah Ruliansyah Irfan Dwi Jaya Septian Syaputra

Abstract

Retardasi mental adalah suatu kondisi yang ditandai oleh intelegensi yang rendah yang menyebabkan ketidakmampuan individu untuk belajar dan beradaptasi terhadap tuntutan masyarakat atas kemampuan yang dianggap normal. Anak tidak mampu belajar dan beradaptasi karena intelegensi yang rendah, biasanya IQ di bawah 70. Anak-anak retardasi mental mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pendidikan. Adanya beberapa hambatan pada anak retardasi mental tersebut memerlukan variasi cara pembelajaran dan memiliki variasi respon terhadap tugas belajar berupa variasi perilaku belajar. Sistem ini berupaya membantu proses belajar anak retardasi mental sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Pada device Android dapat menampilkan objek-objek dengan lebih nyata serta terdapat suara sebagai pendukung pembelajaran, dengan demikian anak akan lebih tertarik dan mampu berkonsentrasi lebih lama. Dari hasil implementasi dan pengujian hasil kuesioner, didapat kesimpulan bahwa melalui Sistem pembelajaran ini telah membantu anak retardasi mental lebih mudah menerima pelajaran dengan mengenal berbagai materi yang disediakan, dengan menyediakan pembelajaran mengenai gambar dan suara.

Article Details

How to Cite
Ruliansyah, R., Jaya, I., & Syaputra, S. (2017). Aplikasi Pembelajaran Dasar Anak Retardasi Mental Berbasis Android (Studi Kasus: Sekolah Luar Biasa (SLB) C Karya Ibu Palembang). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 73-80. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3861
Section
Artikel

References

Dennis, A., Wixom, B. H., & Roth, R. M. (2012). System Analysis and Design Fifth Edition. New Jersey: John Wiley and Son, Inc.
Irwansyah, E., & Moniaga, J. v. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Ladjamudin, A.-B. B. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, E. (2010). Sistem Informasi Manajemen Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.
Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7. Yogyakarta: Andi.
Soetjiningsih. (2009). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kedokteran ECG.