Manajemen Pemasaran Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Izzuddin Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul Manajemen Pemasaran Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Dasar pemikiran yang melatar belakangi penelitian ini adalah sekolah Islam terpadu Izzuddin merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang banyak diminati oleh masyarakat, untuk masuk ke SMP Izzudin mengikuti tahapan secara ketat, baik mulai dari administrasi, seleksi dan tes semuanya diawasi secara ketat. Selain itu SMP Izzuddin tetap bertahan dan mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap tahunnya, selalu menambahkan fasilitas belajar dan membangun gedung baru dikarenakan setiap tahunnya jumlah siswa baru selalu bertambah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana manajemen pemasaran pendidikan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Manajemen pemasaran pendidikan di SMP IT Izzuddin Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, informan pokok adalah bagian marketing SMP Izzuddin, dan informan pendukung adalah kepala sekolah, dan koordinator TU. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi, Kemudian menggunakan triangulasi Adapun hasil penelitian ini adalah Manajemen pemasaran pendidikan di SMP IT Izzuddin Palembang. Pemasaran pendidikan yang dilakukan di SMP IT Izzuddin sudah baik, mulai perencanaan, yang disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan sekolah, penentuan calon siswa dengan sistem seleksi yang ketat. Pelaksanaan pemasaran juga dilaksanakan dengan baik, melalui produk yang ditawarkan oleh sekolah ke masyarakat, promosi dilakukan dengan cara online dan offline, tempat dilengkapi sarana prasarana pembelajaran yang memadai, harga sangat tinggi akan tetapi tidak mengesampingkan kualitas SMP Izzuddin, tenaga pendidik memiliki kompetensi sesuai dengan pendidikan yang dibutuhkan oleh sekolah. Evaluasi sebelum dan sesudah penerimaan siswa baru. Adapun Faktor pendukung dalam pemasaran pendidikan adalah tenaga pemasaran, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, lokasi yang dekat dan mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Faktor penghambat bisa dari tenaga pendidik dan kependidikan, rendahnya komunikasi, bersaing dengan lembaga pendidikan lain.
Article Details
How to Cite
Hidayat, H. (2021). Manajemen Pemasaran Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Izzuddin Palembang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 7(2), 39-47. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i2.6621
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows: 1.The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal. 2.The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal. 3.The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Hidayat, H. (2021). Manajemen Pemasaran Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Izzuddin Palembang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 7(2), 39-47. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i2.6621
References
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan; Konsep, Prinsip,dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukabu.
Hidayat, A., & Machali, I. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.
Muhaimin. (2011). Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana
Santoso, S. (12 Juli 2018). Wawancara. Palembang: Guru Agama di SMP Izzuddin .
Santoso, S. (2020, Juli 17). Produk Jasa Pendidikan. (Hidayat, Interviewer)
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Sule, E. T., & Saefullah, K. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Suprayogo, I., & Tobroni. (2003). Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryani. (2020, Juli 13). Monitoring Tahunan. (Hidayat, Interviewer)
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayat, A., & Machali, I. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.
Muhaimin. (2011). Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana
Santoso, S. (12 Juli 2018). Wawancara. Palembang: Guru Agama di SMP Izzuddin .
Santoso, S. (2020, Juli 17). Produk Jasa Pendidikan. (Hidayat, Interviewer)
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Sule, E. T., & Saefullah, K. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Suprayogo, I., & Tobroni. (2003). Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryani. (2020, Juli 13). Monitoring Tahunan. (Hidayat, Interviewer)
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.