STUDENTS' APPRECIATION OFIMPLEMENTATION OF TECHNOLOGY-BASED PAI LECTURESAT SRIWIJAYA UNIVERSITY
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the appreciation given by students to the implementation of technology-based PAI lectures, especially during the pandemic. The implementation of PAI lectures, especially at this time, cannot be separated from the utilisation of technological advances. Learning activities like this, of course, cause a lot of problems, both for educators and students. It does not rule out the possibility of complaints arising from students regarding the learning process like this. The research method used is a descriptive qualitative method, by providing a closed questionnaire with a Likert scale used for data collection. The results of this study show that the appreciation given by students to the implementation of technology-based PAI lectures is diverse; including very good, good, quite good, and less good. The response was very good for the material component of PAI lectures and the ability/competence of lecturers in delivering the material. As for the other eight components, most students stated that it was good, although there were also those who stated that it was quite good with a small number, and there was even one student who stated that it was not good for the component of how to overcome problems that arise in PAI lectures.
Article Details
How to Cite
Nurbuana, N., Safrina, S., Fitriana, F., & Nurhasan, N. (2024). STUDENTS’ APPRECIATION OFIMPLEMENTATION OF TECHNOLOGY-BASED PAI LECTURESAT SRIWIJAYA UNIVERSITY. Conciencia, 23(2), 229-240. https://doi.org/10.19109/conciencia.v22i1.13829
Section
Original Reserach Article
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Nurbuana, N., Safrina, S., Fitriana, F., & Nurhasan, N. (2024). STUDENTS’ APPRECIATION OFIMPLEMENTATION OF TECHNOLOGY-BASED PAI LECTURESAT SRIWIJAYA UNIVERSITY. Conciencia, 23(2), 229-240. https://doi.org/10.19109/conciencia.v22i1.13829
References
Agustya, Zeva & Soejoto, Ady. (2017). PENGARUH RESPON SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 5 Nomor 3
Darmawan, D. (2011). Teknologi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 151.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Guru dan anak didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta.
Handican, Rhomir, dkk. (2020). “Persepsi Mahasiswa IAIN Kerinci terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Daring”. Indonesian Jurnal of Counseling and Development Vol. 2, No. 2. 143-155.
Kirana, Zuyyina Candra. (2020). Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam Volume 1, Nomor 3, September2020 e-ISSN: 2721-7078
Lestari, Sudarsri. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam “Edureligian” Vol. 2, No. 2, Juli – Desember 2018
Mushfi, Muhammad. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Volume 3 Nomor 1.
Mansyur, R. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and learning journal. 1, ( 2)
Nugroho, Muhammad Wahyu. (2022). :Perspektif Mahasiswa terhadap Literasi Digital di Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal: Literasi, Volume 6 Nomor 1
Permatasari, Dian . (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6 Tahun 2021 Halm 3704-3714
Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Salimiya. ( 2020). Peranan Apresiasi Guru terhadap Antusias Belajar Siswa .Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam Volume 1, Nomor 3, September2020
Santika, E.W.I. ( 2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring. IVJEK, 3(1)
Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era
Sagala, Syaiful. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran, cet. Ke- 11,( Bandung: 2013), hlm.14
Selwyn, Neil. (2011). . Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Rusydi, Ibnu. (2017). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Warta Edisi : 53 Juli 2017
Wahjono. (2015). Peranan Penggunaan Teknologi Informasi untuk Memudahkan Transfer Knowledge dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Infokam, Vol. 11 no. 5
Yodha, Seno Abi, dkk. (2019) “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan e-Learning dalam matkuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang”. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 2 N0 (3)
Darmawan, D. (2011). Teknologi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 151.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Guru dan anak didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta.
Handican, Rhomir, dkk. (2020). “Persepsi Mahasiswa IAIN Kerinci terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Daring”. Indonesian Jurnal of Counseling and Development Vol. 2, No. 2. 143-155.
Kirana, Zuyyina Candra. (2020). Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam Volume 1, Nomor 3, September2020 e-ISSN: 2721-7078
Lestari, Sudarsri. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam “Edureligian” Vol. 2, No. 2, Juli – Desember 2018
Mushfi, Muhammad. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Volume 3 Nomor 1.
Mansyur, R. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and learning journal. 1, ( 2)
Nugroho, Muhammad Wahyu. (2022). :Perspektif Mahasiswa terhadap Literasi Digital di Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal: Literasi, Volume 6 Nomor 1
Permatasari, Dian . (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6 Tahun 2021 Halm 3704-3714
Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Salimiya. ( 2020). Peranan Apresiasi Guru terhadap Antusias Belajar Siswa .Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam Volume 1, Nomor 3, September2020
Santika, E.W.I. ( 2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring. IVJEK, 3(1)
Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era
Sagala, Syaiful. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran, cet. Ke- 11,( Bandung: 2013), hlm.14
Selwyn, Neil. (2011). . Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Rusydi, Ibnu. (2017). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Warta Edisi : 53 Juli 2017
Wahjono. (2015). Peranan Penggunaan Teknologi Informasi untuk Memudahkan Transfer Knowledge dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Infokam, Vol. 11 no. 5
Yodha, Seno Abi, dkk. (2019) “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan e-Learning dalam matkuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang”. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 2 N0 (3)