METHOD OF EDUCATING WITH HEART ON STUDENT CHARACTER FORMATION AT MTS NURUL IMAN MODONG TANAH ABANG DISTRICT PALI REGENCY
Main Article Content
Abstract
This study aimed to provide an overview of the implementation of the method of educating with heart on student character formation at MTS Nurul Iman Modong, Tanah Abang District, Pali. The research method used was a qualitative method. Data were taken through observation and interviews. Respondents consisted of 20 students of grade 3 of Mts Nurul Iman Modong. The data obtained from observation and interview were then analyzed by using interactive analysis through several components, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The learning used in this research was the method of educating by heart. This study provided illustration that, through the concept of educating with heart can lead to a good, have moral and character generations.
Article Details
How to Cite
Zaimmuddin, Z., Fitriana, F., & Apriyanti, A. (2021). METHOD OF EDUCATING WITH HEART ON STUDENT CHARACTER FORMATION AT MTS NURUL IMAN MODONG TANAH ABANG DISTRICT PALI REGENCY. Conciencia, 21(1), 57-68. https://doi.org/10.19109/conciencia.v21i1.6638
Section
Original Reserach Article
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Zaimmuddin, Z., Fitriana, F., & Apriyanti, A. (2021). METHOD OF EDUCATING WITH HEART ON STUDENT CHARACTER FORMATION AT MTS NURUL IMAN MODONG TANAH ABANG DISTRICT PALI REGENCY. Conciencia, 21(1), 57-68. https://doi.org/10.19109/conciencia.v21i1.6638
References
Abduloh, A. Y., & Ahyani, H. (2020). Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom). Jurnal Tawadhu, 4(2), 1209–1227.
Agboola, A., & Tsai, K. C. (2012). Bring Character Education into Classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170.
Ahmad, R. (1997). Media instruksional edukatif. PT Rineka Cipta.
Al-Abrasyi, M. A. (1993). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Alih Bahasa Bustami A. Gani, Jakarta.
Chandrawaty, C. (2016). Mendidik dengan Hati dan Keteladanan. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 75–85.
Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77–102.
Isramin, I. (2019). Mendidik Hati Membentuk Karakter: Wawasan Al-Qur’an. Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 111–134.
Mahmud, A. (2018). Guru Tak Boleh Sejahtera-Catatan dan Refleksi Seorang Pendidik. Deepublish.
Meity H. Idris. (2019). Mendidik Dengan Hati Dan Ketauladanan Merupakan Wujud Pembentukan Karakter. Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman & Sosial, 2(1), 1–23. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/19
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.
Rahim, H. (2004). Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sulthoni, A. (2009). Mendidik dengan Hati. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1).
Sunhaji, S. (2018). Mendidik Melalui Hati Sebagai Strategi Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Lingua Idea, 9(2), 165–178.
Suparlan. (2015). Mendidik Hati Membentuk Karakter. Pustaka Belajar.
Suyanto, & Abbas, M. S. (2001). Wajah dan dinamika pendidikan anak bangsa. Adicita.
Wijanarko, D. R. J. (2018). Mendidik Anak dengan Hati. Happy Holy Kids.
Agboola, A., & Tsai, K. C. (2012). Bring Character Education into Classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170.
Ahmad, R. (1997). Media instruksional edukatif. PT Rineka Cipta.
Al-Abrasyi, M. A. (1993). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Alih Bahasa Bustami A. Gani, Jakarta.
Chandrawaty, C. (2016). Mendidik dengan Hati dan Keteladanan. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 75–85.
Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77–102.
Isramin, I. (2019). Mendidik Hati Membentuk Karakter: Wawasan Al-Qur’an. Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 111–134.
Mahmud, A. (2018). Guru Tak Boleh Sejahtera-Catatan dan Refleksi Seorang Pendidik. Deepublish.
Meity H. Idris. (2019). Mendidik Dengan Hati Dan Ketauladanan Merupakan Wujud Pembentukan Karakter. Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman & Sosial, 2(1), 1–23. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/19
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.
Rahim, H. (2004). Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sulthoni, A. (2009). Mendidik dengan Hati. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1).
Sunhaji, S. (2018). Mendidik Melalui Hati Sebagai Strategi Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Lingua Idea, 9(2), 165–178.
Suparlan. (2015). Mendidik Hati Membentuk Karakter. Pustaka Belajar.
Suyanto, & Abbas, M. S. (2001). Wajah dan dinamika pendidikan anak bangsa. Adicita.
Wijanarko, D. R. J. (2018). Mendidik Anak dengan Hati. Happy Holy Kids.