KEPEMIMPINAN PEJABAT STRUKTURAL DAN IKLIM ORGANISASI DALAM PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUBANG
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study is to empirically examine the contribution of leadership of structural official and organizational climate to employee productivity at Educational Department of Subang District. The method used in this research is descriptive research with quantitative approach. Population of this research amount 116 employee, and determination of respondents using proportional random sampling which amount 54 employee. Data were collected using a questionnaire instruments that was developed in the form of Likert scale. Data processing techniques using path analysis. The results showed that leadership of structural official contribute to employee productivity amount 38,99%, organizational climate contribute to employee productivity amount 21,11%, and simultaneously leadership of structural official and organizational climate significantly contribute to employee productivity amount 60,11%. These results implies that organizational leader should have a good leadership behavior that develop conducive and pleasurable organizational climate. So that employee bring about high job productivity.
Article Details
How to Cite
Tamam, B. (2018). KEPEMIMPINAN PEJABAT STRUKTURAL DAN IKLIM ORGANISASI DALAM PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUBANG. Conciencia, 18(2), 14-27. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i2.2638
Section
Artikel
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Tamam, B. (2018). KEPEMIMPINAN PEJABAT STRUKTURAL DAN IKLIM ORGANISASI DALAM PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUBANG. Conciencia, 18(2), 14-27. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i2.2638
References
Almigo, N. (2004). Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal PSYCHE, I((1)), 50–60.
Davis, K., & Newstrom, J. W. (2003). Perilaku Dalam Organisasi, Terjemahan Agus Dharma (Kesepuluh). Jakarta: Erlangga.
Depdikbud. (1983). Materi Dasar Program BK di Perguruan Tinggi (Psikologi Belajar No. Buku IIC). Jakarta.
Fremont, E. K., & Rosenzweig, E. . (2002). Organisasi dan Manajemen (Ediisi 4). Jakarta: Bumi Aksara.
Hersey, P., & Blanchard, K. H. (2000). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2001). Educational Administration: Theory, Research, and Practice (6th Editio). New York: McGraw Hill.
Nawawi, H. (1995). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung.
Ravianto. (1998). Produktivitas dan Manusia Indonesia. Jakarta: SIUP.
Riduwan, & Akdon. (2006). Rumus dan Dasar Dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.
Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.
Sallis, E. (2010). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Siagian, S. P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Siagian, S. P. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sinungan, M. (2008). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutermeister, R. A. (1976). People and Productivity. New York: McGraw-Hill Book Company.
Yuniarsih, T., & Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Davis, K., & Newstrom, J. W. (2003). Perilaku Dalam Organisasi, Terjemahan Agus Dharma (Kesepuluh). Jakarta: Erlangga.
Depdikbud. (1983). Materi Dasar Program BK di Perguruan Tinggi (Psikologi Belajar No. Buku IIC). Jakarta.
Fremont, E. K., & Rosenzweig, E. . (2002). Organisasi dan Manajemen (Ediisi 4). Jakarta: Bumi Aksara.
Hersey, P., & Blanchard, K. H. (2000). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2001). Educational Administration: Theory, Research, and Practice (6th Editio). New York: McGraw Hill.
Nawawi, H. (1995). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung.
Ravianto. (1998). Produktivitas dan Manusia Indonesia. Jakarta: SIUP.
Riduwan, & Akdon. (2006). Rumus dan Dasar Dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.
Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.
Sallis, E. (2010). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Siagian, S. P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Siagian, S. P. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sinungan, M. (2008). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutermeister, R. A. (1976). People and Productivity. New York: McGraw-Hill Book Company.
Yuniarsih, T., & Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.