IMPROVING TEACHERS 'PROFESSIONALISM THROUGH ONLINE LEARNING ASSISTANCE ON LIVEBOARD BASED FOR TEACHERS OF PRABUMULIH MGMP PHYSICS

Main Article Content

Melly Ariska
Kistiono Kistiono
Hamdi Akhsan
Nilam Cahyati
Fitriyani Fitriyani

Abstract

Guru-guru Fisika MGMP kota Prabumulih mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi fisika yang bersifat matematis secara daring kepada siswa. Oleh karena itu, kami mengadakan pelatihan kepada guru-guru MGMP Fisika Prabumulih untuk mengenalkan  pemanfaatan aplikasi LiveBoard yang dapat digunakan dalam membantu guru untuk menjelaskan materi fisika terkhususnya materi yang berkaitan dengan rumus/matematis dan memberikan pendampingan dalam pembuatan media belajar menggunakan aplikasi tersebut. Setelah diberikannya pelatihan selama kurang lebih 2 minggu, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa guru-guru MGMP Fisika Prabumulih mengalami peningkatan dalam segi pengetahuan dan keterampilan dalam membuat media mengajar menggunakan aplikasi LiveBoard. Hal ini didukung dengan perolehan nilai rata-rata posttest guru yang jauh lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“IMPROVING TEACHERS ’PROFESSIONALISM THROUGH ONLINE LEARNING ASSISTANCE ON LIVEBOARD BASED FOR TEACHERS OF PRABUMULIH MGMP PHYSICS”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 5, no. 1 (June 29, 2021): 36–43. Accessed July 12, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/6919.
Section
Artikel

How to Cite

“IMPROVING TEACHERS ’PROFESSIONALISM THROUGH ONLINE LEARNING ASSISTANCE ON LIVEBOARD BASED FOR TEACHERS OF PRABUMULIH MGMP PHYSICS”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 5, no. 1 (June 29, 2021): 36–43. Accessed July 12, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/6919.

References

Politeknik Negeri Malang. (2020). Panduan Pembelajaran Daring.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa Smk Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19.
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digilib.Uinsgd.Ac.Id, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/
Sutanto, T., Ningsih, N., & Rahmawati, E. (2018). Perancangan Desain User Interface Papan Tulis Digital berbasis Tablet PC Android. 3, 1–5.
UNY. (2010). Materi 13 Mobile Learning / M-Learning. In Handout Komputer Teknologi Informasi (pp. 87–88).
Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840.
Graham, C. R. (2006). Media Pembelajaran systems. The handbook of Media Pembelajaran: Global perspectives, local designs, 3-21.
Sari, M. (2016). Media Pembelajaran, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136.
Staker, H., & Horn, M. B. (2012). Classifying K-12 Media Pembelajaran. Innosight Institute.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).