POLA KOMUNIKASI INTERAKSI ANTARA PENGUSAHA SOUVENIR PAGAR ALAM DENGAN TURIS LOKAL INTERACTION COMMUNICATION PATTERNS BETWEEN NATURAL FENCE SOUVENIR ENTREPRENEURS AND LOCAL TOURISTS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini membahas/mengkaji tentang pola interaksi komunikasi antara penusaha souvenir Pagar Alam dengan turis lokal. dengan mengangkat masalah tentang bagaimana pola interaksi komunikasi antara penusaha souvenir Pagar Alam dengan turis lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola interaksi komunikasi antara pengusaha souvenir Pagar Alam dengan turis lokal. Metodelogi yang di gunakan adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan penyajian data dianalisis secara mendalam dengan menggunakan data sekunder, data primer, observasi, wawancara, dokumentasi, dengan menggunakan teori interaksi simbolik dari Herbert Blummer yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi yang di lakukan oleh pengusaha souvenir Pagar Alam dengan turis lokal menggunakan komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, namun tidak terlalu banyak menggunakan komunikai non verbal, yang lebih berperan disini adalah komunikasi verbal itu sendiri. Komunikasi verbal yang dilakukan oleh karyawan toko adalah komunikasi tanya jawab, dimana ketika pembeli bertanya maka karyawan akan menawab dan akan bertanya lebih untuk mendapatkan informasi apa yang diinginkan oleh pembeli agar karyawan dapat memberikan yang terbaik kepada pembelinya.
Kata Kunci: Komunikasi, Souvenir, Turis
Kata Kunci: Komunikasi, Souvenir, Turis
Rincian Artikel
Cara Mengutip
POLA KOMUNIKASI INTERAKSI ANTARA PENGUSAHA SOUVENIR PAGAR ALAM DENGAN TURIS LOKAL: INTERACTION COMMUNICATION PATTERNS BETWEEN NATURAL FENCE SOUVENIR ENTREPRENEURS AND LOCAL TOURISTS. (2022). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 1(01), 23-31. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/12565
Bagian
Articles
Cara Mengutip
POLA KOMUNIKASI INTERAKSI ANTARA PENGUSAHA SOUVENIR PAGAR ALAM DENGAN TURIS LOKAL: INTERACTION COMMUNICATION PATTERNS BETWEEN NATURAL FENCE SOUVENIR ENTREPRENEURS AND LOCAL TOURISTS. (2022). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 1(01), 23-31. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/12565