Analisis Qira’at Ayat Thaharah dalam Tafsir Ath-Thabari dan Implikasinya terhadap Penafsiran

Main Article Content

Syerien Fauziah Iqbal
Khoirun Nidhom
Ida Kurnia Shofa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis qira’at pada ayat-ayat thaharah dalam tafsir ath-Thabari, khususnya pada QS. al-Baqarah [2]: 222, QS. an-Nisa [4]: 43, dan QS. al-Ma’idah [5]: 6, serta implikasinya terhadap penafsiran. Perbedaan qira’at pada ayat-ayat tersebut mempengaruhi aspek fonetik dan berdampak pada pemahaman hukum terkait kebersihan, wudhu, dan hubungan suami-istri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis library research untuk mengkaji analisis ath-Thabari terhadap variasi qira’at dan penetapan tarjih berdasarkan riwayat yang dianggap sahih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan qira’at menghasilkan variasi penafsiran. Pada QS. al-Baqarah [2]: 222, perbedaan bacaan “يَطْهُرْنَ” mempengaruhi ketentuan kesucian dari haid sebelum berhubungan; pada QS. an-Nisa [4]: 43, variasi bacaan "أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ" membahas tentang status wudhu seseorang; sedangkan pada QS. al-Ma’idah [5]: 6, perbedaan pada kata "وَأَرْجُلَكُمْ" menyebabkan perbedaan fiqih mengenai kewajiban membasuh atau mengusap kaki saat wudhu. Penelitian ini menegaskan bahwa qira’at berperan penting dalam kajian tafsir dan fiqih, serta menunjukkan adanya fleksibilitas dalam hukum Islam.

Article Details

How to Cite
Iqbal, Syerien Fauziah, Khoirun Nidhom, and Ida Kurnia Shofa. “Analisis Qira’at Ayat Thaharah Dalam Tafsir Ath-Thabari Dan Implikasinya Terhadap Penafsiran”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 2 (July 14, 2025): 525–542. Accessed July 28, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/28448.
Section
Articles

How to Cite

Iqbal, Syerien Fauziah, Khoirun Nidhom, and Ida Kurnia Shofa. “Analisis Qira’at Ayat Thaharah Dalam Tafsir Ath-Thabari Dan Implikasinya Terhadap Penafsiran”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 2 (July 14, 2025): 525–542. Accessed July 28, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/28448.

References

Abidin Bahren, Rina Susanti, et al. “Metode dan Corak Penafsiran Ath-Thabari.” Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 3, no. 1 (2023): 154. https://doi.org/10.54443/mushaf.v3i1.126.

Aburrohman, Asep. “Metodologi Al-Thabari Dalam Tafsir Jami’Ul Al-Bayan Fi Ta’wili Al-Qur’an.” Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 17, no. 1 (2018): 73–78. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8096.

Annisa, et al. “Variasi Qira’at dan Latar Belakang Perbedaan Qira’at.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis 2, no. 1 (2022): 2. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i1.23.

Aryani, Aini. Sentuhan Suami Isteri Apakah Membatalkan Wudhu? Edited by Fatih. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing, 2018.

Al-Qurtubi, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr. Al-Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an (Tafsir Al-Qurthubi). Edited by Ahmad al-Barduni and Ibrahim Athfiyasy. Kairo: Dar al-Kutub al-Misriyyah, 1964.

At-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. Kitab Jami’ Al-Bayan Fi Tafsir Al-Qur’an. Beirut: Daaru Hajrin, 2001. Jilid 3, 4, 8, dan 10.

Az-Zuhayli, Wahbah. Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh. Beirut: Darul Fikr, 1985. Juz 3.

———. Tafsir Al-Munir. Damaskus: Darul Fikr, 1991.

Dzulkifli Izuli, and Bahori Adibah. “Peranan Qira’at Dalam Pentafsiran Al-Quran.” Jurnal Hadhari 8, no. 1 (2016): 103–11.

Esa Prasastia, Muhammad, et al. “Pengaruh Perbedaan Qira'at Shahih Dalam Penafsiran Al Qur'an dan Implikasinya Terhadap Hukum.” Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) 2, no. 9 (2021): 3.

Fathurozi, Moh. “Pengaruh Perbedaan Qira’at Dalam Al-Qur’an Terhadap Makna (IV).” Accessed July 12, 2025. https://islam.nu.or.id/ilmu-al-quran/pengaruh-perbedaan-qira-at-dalam-al-qur-an-terhadap-makna-iv.

Fathurrozi, Moh. “Analisis Qira’at Shahihah Perspektif Ibnu Al-Jazari.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (2023): 310–22. https://doi.org/10.19109/jsq.v3i2.24817.

Fu’ad Arif Noor. “Islam Dalam Perspektif Pendidikan.” Al-Manar 5, no. 1 (2016): 3. https://doi.org/10.36668/jal.v5i1.51.

Gana Buana. “Mengapa Mandi Wajib Penting Setelah Haid? Berikut Niat dan Tata Caranya Lengkap.” Media Indonesia, 2024. https://mediaindonesia.com/humaniora/705638/mengapa-mandi-wajib-penting-setelah-haid-berikut-niat-dan-tata-caranya-lengkap.

Ghianovan, Jaka. “Furgensi Infrastruktur Dalam Surat An-Nahl Ayat 15 Menurut Ibn Jarir Al-Tabari dan Hamka.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 1 (2023): 56–65. https://doi.org/10.19109/jsq.v3i1.18330.

Hijab Lifestyle. “5 Ayat Alquran Yang Menjelaskan Soal Kebersihan.” Kumparan, 2020. https://kumparan.com/hijab-lifestyle/5-ayat-alquran-yang-menjelaskan-soal-kebersihan-1tpobxMDwiK/2.

Imam Qurthubi. Tafsir Al Qurthubi. Al-Mishriyyah: Darul Kutub Ilmiyah, 1964. Juz 2.

Israfi, Oki. “Penafsiran Lafadz Al Khabisatu dan At Thayyibatu Dalam Surat An-Nur Ayat 26 Menurut Ibnu Jarir Ath Thabari dan Quraisy Shihab.” Skripsi, UIN Ar-Raniry, 2023.

Maulydiah, Hana, and Mutmainah. “Ragam Qirā’āt Dalam Kitab Ilmu Tajwid: Perspektif Al-Qirā’āt Al-Sab’ Berdasarkan Ṭarīq Al-Syāṭibiyyah.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (2024): 535–55. https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24107.

Mela Anjelia. “Biografi Ibnu Jarir At Thabari.” Pusat Studi Al Quran dan Tafsir, 2021. https://psqt.web.uinsatu.ac.id/biografi-ibnu-jarir-ath-thabari/.

Muhammad Zulfikar. “Pandangan Ath-Thabari Tentang Qira'at dan Implikasinya Terhadap Surah Al-Baqarah.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Muhsin. “Keunikan Gramatikal Dalam Al-Quran.” Makassar: UIN Alauddin, 2016.

Muslim bin al-Hajjaj. Al-Musnad Al-Sahih Al-Mukhtasar Bin Naql Al-‘Adl ‘an Al-‘Adl Ila Rasul Allah ﷺ (Shahih Muslim). Edited by Muhammad Fu’ad Abdul Baqi. 5th ed. Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-‘Arabi, n.d.

Rohani, Rohani, and Suhendri Bin Hasan. “Konstruksi Qira’at Al-Zamakhsharī Dalam Tafsīr Al-Kashshāf: Analisis Implikatif Terhadap Penafsiran.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (2024): 733–51. https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.25069.

Sulhadi, A. “Pengaruh Perbedaan Qiroat Terhadap Penafsiran Al-Qur’an.” Samawat, 2021. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/samawat/article/view/254.

Suparman, Deden, et al. “Latar Belakang Perkembangannya dan Urgensi Memahami Qira’at Dalam Al Qur’an.” Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora 5, no. 3 (2024): 250. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i3.1515.

Syamsu Alam, and Dandi Andika. “Tugas Malaikat Jibril Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Al-Wajid 1, no. 2 (2020): 190.

Taupik. Fiqh 4 Madzhab. Bandung, 2014. https://digilib.uinsgd.ac.id/2389/147/FIQH 4 MADZHAB.pdf.

———. Fiqh 4 Madzhab, 65.

Ummu Wahdah, and Aspandi. “Karakteristik Wanita Shalihah Dalam Surah An-Nisa’ Ayat 34: Analisis Penafsiran Ath-Thabari dan Relevansinya Dalam Konteks Kekinian.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (2024): 631–45. https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.23723.

Zulfikar, Eko. “Memperjelas Epistemologi Tafsir Bi Al-Ma’tsur (Aplikasi Contoh Penafsiran Dalam Jami’ al-Bayan Karya al-Thabari)”, Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir 4, no. 1 (2019): 120-142. https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v4i1.835.