Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang)
Main Article Content
Abstract
Penggunaan simak online perlu dilakukan review untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna simak online dengan menggunakan pendekatan model kepuasan pengguna akhir komputer EUCS yang berfokus pada kepuasan pengguna yang mencakup lima dimensi; content, accuracy, format, ease of use, timeliness. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 390 responden terdiri dari dosen dan mahasiswa/i di Universitas Islam Negeri raden Fatah Palembang. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna simak online sebesar 13% merasa sangat puas, 44% merasa puas, 34% merasa cukup puas, 9% merasa tidak puas, 1% merasa sangat tidak puas. Hasil penelitian ini sebagai masukan bagi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang khususnya untuk simak online dikaitkan dengan lima (5) variabel yang ada masih harus dan terus ditingkatkan lagi. Tingkat kepuasan pengguna akan mempengaruhi kesuksesan dalam penerapan sistem informasi akademik.
Article Details
How to Cite
Erlika, Y., Wijaya, F. K., & Santi, R. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 29-40. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3858
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
How to Cite
Erlika, Y., Wijaya, F. K., & Santi, R. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 29-40. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3858
References
Djahir, Y. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Doll, W. J., Xia, W., & Torkzadeh, G. (1994). A Confirmatory Factor Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument. MIS Quarterly, 453-461.
Imelda & Erik, M. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Dasar Negeri Sukajadi 9 Bandung. Jurnal Teknologi dan Informasi UNIKOM, 47-48.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, F. & Chandra, G. . (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Doll, W. J., Xia, W., & Torkzadeh, G. (1994). A Confirmatory Factor Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument. MIS Quarterly, 453-461.
Imelda & Erik, M. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Dasar Negeri Sukajadi 9 Bandung. Jurnal Teknologi dan Informasi UNIKOM, 47-48.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, F. & Chandra, G. . (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.