The Characteristics of the Principal's Leadership Behavior in Building a Culture of Discipline and Achievement

Main Article Content

Dina Ayustina
Badrudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Karangampel Kidul IV Kabupaten Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan seperti berikut. Karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Karangampel Kidul IV antara lain Pertama, memberikan keteladanan dalam kedisiplinan. Kedua, perilaku kepemimpinan yang tegas.  Ketiga, perilaku kepemimpinan yang optimis dan semangat. Keempat, perilaku kepemimpinan yang bijaksana. Kelima, perilaku kepemimpinan yang rendah hati. Keenam, perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang bersahabat. Ketujuh, memberikan keteladanan dalam hal kebersihan dan beribadah. Kedelapan, perilaku kepemimpinan yang longgar. Kesembilan, perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang pesimis. Kesepuluh, perilaku kepemimpinan yang pasrah.

Article Details

How to Cite
Ayustina, D., & Badrudin. (2024). The Characteristics of the Principal’s Leadership Behavior in Building a Culture of Discipline and Achievement. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 73-82. https://doi.org/10.19109/elidare.v10i2.15592
Section
Artikel

How to Cite

Ayustina, D., & Badrudin. (2024). The Characteristics of the Principal’s Leadership Behavior in Building a Culture of Discipline and Achievement. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 73-82. https://doi.org/10.19109/elidare.v10i2.15592

References

Abdullah, A. H. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Iqra’, 3(1), 37–52. https://doi.org/10.30984/jii.v3i1.548

Annur, S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.

Dakabesi, E., & Wicaksono, L. (2022). Kepemimpinan Kolaborasi Kepala Sekolah Dalam Membangun Tim Kinerja Guru Di Era Society 5.0. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.3899/http

Hadiati, E. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts Se- Kota Bandar Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 50–65. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3078

Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Pandemi Covid 19. INCARE: International Journal of Educational Resources., 01(03), 257–279. https://doi.org/10.59689/incare.v1i3.99

Maduratna, M. (2013). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru dan Sekolah Dasar 015 Samarinda. Journal Administrasi Negara, 1(1), 70–84.

Nugraheni, A. S., & Rahmayanti, R. (2016). The Effect of Work Discipline on Teacher Performance at MI Al Islam Tempel and MI Al Ihsan Medari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 277–294.

Padmasari, N., Makkiyah, & Isa, M. (2023). Kepemimpinan Tim (Team Leadhership). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 3(2), 101–119. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1771

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.