PENGGUNAAN MODUL MULTI REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA MATERI TERMODINAMIKA

Authors

  • Dimas Permadi UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/jifp.v2i1.2803

Keywords:

Modul, Multi Representatif, Termodinamika

Abstract

Media pembelajaran memiliki kedudukan sebagai alat bantu penyampai informasi. Kemampuan siswa yang berbeda dalam menangkap informasi bergantung pada jenis kecerdasan yang dominan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul multi representasi dalam pembelajaran fisika SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) mengacu pada Sadiman, dkk (2011) yang memiliki delapan prosedur pengembangan produk dan uji produk, yaitu : (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) merumuskan butir-butir materi, (4) menyusun instrumen evaluasi, (5) menulis naskah media, (6) melakukan validasi ahli, (7) melakukan uji coba dan revisi, (8) mencetak naskah produksi. Desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study dengan variabel bebas penggunaan modul multi representasi dan variable terikat adalah hasil belajar kognitif siswa. Berbagai gambaran baik verbal, grafik, analogi, dan persamaan matematis digunakan di dalam modul multi representatif tersebut. Instrumen pengumpulan data yang digunakan soal tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data tes hasil belajar kognitif dihitung berdasarkan persentase jumlah siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pembelajaran menggunakan modul. Hasil penelitian menunjukkan 79,17 % lulus KKM dengan nilai rata-rata 78,54. Berdasarkan persentase kelulusan yang lebih besar dari 79%, maka modul multi representasi dikatakan efektive digunakan dalam pemelajaran fisika SMA.

References

Ainsworth, Shaaron. (1999). The Function Multiple Representation.Computer and Education. 33, 131-152.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembela¬jar¬an. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Gardner, H.(1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. NewYork: Basic Books.

Hadijah. 2012. Pengaruh Skill Represen¬-tasi Grafik Terhadap Penguasaan Konsep Gerak Siswa SMP. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Rosengrant, D., Etkina, E., &Heuvelen, A.V. (2007).An Overview of Recent Research on Multiple Representations.Rutgers, The State University of New Jersey GSE, 10 Seminary Place, New Brunswick NJ, 08904.

Sadiman, Arief S., R. Raharjo , Anung Haryono & Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan¬nya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutarto. 2008. Modul Media Pembelajaran Fisika/Kimia/Teknik Sekolah Menengah. Laporan Penelitian. Jember : FKIP Universitas Jember.

Suyanto, Eko. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Syaifudin, A. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Handphone Format 3gp Untuk Materi Pelajaran Fisika Kelas X Pokok Bahasan Perpindahan Kalor. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Downloads

Published

13-06-2018

How to Cite

“PENGGUNAAN MODUL MULTI REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA MATERI TERMODINAMIKA”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 1 (June 13, 2018): 28–32. Accessed April 16, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2803.