Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Pada Remaja di RW 10 Kelurahan 20 Ilir Timur I Palembang
Isi Artikel Utama
Abstrak
social media telah menjadi trend dikalangan masyarakat dan remaja yang tidak dapat dipisahkan. penggunaan media sosial bisa memberikan dampak positif dan ndampak negatif dikalangan remaja, salah satunya adalah perubahan perilaku pada remaja yang dipengaruhi oleh sosial media. remaja adalah perlaihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa yang rentan terhadap pengaruh-pengrauh negatif termasuk dari media sosial. lokasi penelitian di lakukan di rw 10 palembang yang memiliki 4 rt yaitu rt 37,38,39,40. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantiatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dengan pengukuran skala likert untuk mengukur 24 pertanyaan dan sampel yang digunakan yaitu 64 responden yang merupakan remaja di rw 10. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini mmeliputi uji normalitas, uji realibilitas, uji liniearitas, uji analisis regresi sederhana , uji hipotesis. hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R Square) 0,664 yang mengandung pengertian bahwa penggunaan media sosial variabel bebas (penggunaan media sosial youtube) terhadap variabel terikat (perubahan perilaku) adalah sebesar 65,7% hasil analisis linier sederhana diperoleh Y= 4,953 + 0,907 X, hasil uji liner sederhana koefisisen menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi penggunaan media sosial sebesar 0,907 yang bernilai positif. hasil analisis uji t di peroleh t hitung sebesar 11,073 sedangkan nilai t tabel 1,669 dengan demikian bahwa nilai t hitung sebesar 11,073 > 1,669 (H0 ditolak dan Ha diterima)
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Referensi
Amin R. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada SMK Budhi Warman I. Jakarta.
Ardiansyah, Arda. 2020. Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah (Studi Kasus Pada Siswa usia 10-12 tahun Pada Mata Pelajaran Ipa). Jurnal Musawa: Journal For Gender Studies: jilid 12 terbitan 1. Ejournal Keperawatan (e-kp) Vol.3 No.1 2015
Djamai, Dajanto dan Fachruddin Andi. 2013. Dasar-dasar Penyiaran Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi. Jakarta: Kencana
Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deep Publish
Gunarsa. S. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Dewasa. Jakarta: Gunung Mulia.
Gunarsa. S. 2007. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Hurlock E.B. 2004. Perkembangan Anak. Jakarta
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Konstektual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Maresova, P., Hruska, J., & Kuca, K. (2020). Social Media University Branding. Education Sciences 2020, Vol. 10, Page 74, 10(3), 74. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI10030074
Nasrullah. Ruli. 2015. Media SOsial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta: Sembiosa Rekatama Media.
Notoatmojo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT. Elex Komputindo.
Rusmana. et.all. 2019. The Future of Organization Communication in The Industrial Era 4.0 Book Chapter. Komunikasi Organisasi, Bandung: Media Akselerasi.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS). Jakarta: Prenada Media Group.
Soerjono,S. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta
Trisilia, A. L., & Pebriana, R. (2023). Peran Humas Dalam Mempublikasikan Kegiatan Pemerintah Melalui Media Sosial Instagram Di Sekretariat Dprd Kota Lahat: Peran Humas Dalam Mempublikasikan Kegiatan Pemerintah Melalui Media Sosial Instagram Di Sekretariat Dprd Kota Lahat. JSIKOM, 2(2), 1–9. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/17450
Wahidin, Abas. 2013. Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta Prosiding SNST Ke 4 Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Wulandari, W., Yenrizal, Y., & Azarkasyi, B. (2023). Inovasi Masyarakat Desa Bumi Pratama Mandiri Dalam Pemasaran Media Sosial Facebook: Studi Masyarakat Defa Bumi Pratama Mandira, Kecamatan Sungai Penang, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. JSIKOM, 2(1), 109–117. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14413
Webster. M. 2018. Social Media (online) available: https://www.merriam-webster.com/dictionary/socialmedia
https://respository.radenfatah.ac.id/teori-stimulus-respon diakses 19 desember 2019
Yanto, & Indasari, F. (2021). Pembentukan Opini Publik Pada Media Massa: Program Satu Milyar Satu Kelurahan Di Kecamatan Singaran Pati Panorama Kota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 27–34–27–34. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/104