PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah

  • Syamsul Kurniawan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Keywords: Children, Character education, Moral Character

Abstract

It is the study on Al-Ghazali views of education about character education of children based moral character. According to the view, the character must be built since they were in early age. Hopefully, they know the difference between good and bad manners, and can determine their character (whether it is good or bad). The character education based moral character is aimed to form the positive character which leads to self-approach to God, in order to gain the happiness in the world and the hereafter.

References

A. Syaefuddin. 2005. Percikan Pemikiran Imam al-Ghazali: Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Berdasarkan Prinsip Alquran dan Assunnah. Bandung: Pustaka Setia.
Abdurrahman Hasan Habnakah al Maidani, 1979. Al-Akhlâq al Islâmiyyah wa Ususuhâ, Cet. I, Juz I. Damaskus: Darul Qalam.
Abu Abdirrahman al Khalil bin Ahmad al Farahidi, tth. Kitâbul ‘Ain, Tahqiq: Dr. Mahdî al Makhzûmî dan Dr. Ibrâhîm as Sâmirâ’î. Juz IV. Dar dan Maktabah al Hilâl.
Abu Al-Wafa’ Al-Ghanimi Al-Taftazani, 1974. Sufi dari Zaman ke Zaman. Bandung: Pustaka.
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali, 1960. Al-Munqiz min al-Dhalal. Beirut: Maktabah al-Syaibah.
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali, 1968. Ayyuhal Walad. Baghdad: Mathba‘ah al-Ma‘arif.
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali, 2008. Ihya’ Ulumuddin. Juz III. Murâja’ah: Shidqi Muhammad Jamil al ‘Aththar. Beirut: Darul Fikr.
Abuddin Nata, 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Wacana Ilmu.
Al-Jahizh, 1989. Tahdzîbul Akhlâq, cet. I. Darush Shahâbah lit Turâts.
Al-Tibawi, 1972. Islamic Education. London: Lucaz & Company Ltd.
Arief Furchan dan Agus Maimun, 2005. Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif.
John M. Echols dan Hassan Shadily, 2006. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Lorens Bagus, 2005. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia.
M. Arifin, 1991. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Bahri Ghazali, 1996. Konsep Ilmu Menurut al-Ghazali. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Muhammad bin Mukarram bin Manzhûr al Afriqi al Mishri, tth. Lisânul ‘Arab, Cet. 1, Juz X. Beirut: Daru Shâdir.
Muhammad Jawwad Ridha, 1980. Al-Fikr al-Tarbawi al-Islami. Mesir: Dar al-Fikr al-Arabi.
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2009. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Syamsul Kurniawan, “Dikotomi Agama dan Ilmu dalam Sejarah Umat Islam Serta Kemungkinan Pengintegrasiannya”, dalam Fikrah, Volume 1, Nomor 1, Januari-Juni 2013.
Syamsul Kurniawan, “Konsep dan Implementasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat”, dalam At-Turats, Volume 6, Nomor 1, Desember 2012.
Syamsul Kurniawan, “Pendidikan Menurut Al-Ghazali”, dalam At-Turats, Volume 3, Nomor 1, Desember, 2008.
Syamsul Kurniawan, 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruzz
Syamsul Kurniawan, 2016. Ilmu Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Komprehensif. Yogyakarta: Ombak.
Thâha Abdussalam Khudhair. 1997. Falsafatul Akhlâq ‘inda Ibni Miskawaih. Tk: Tp.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. 2003.
Yayasan Penerjemah Alquran, 1980. Alquran dan Terjemahannya. Madinah: Qadim al-Haramain al-Syarifain.
Yoke Suryadarma dan Ahmad Hifdzil Haq, “Pendidikan Akhlaq Menurut Imam Al-Ghazali”, dalam At-Ta’dib, Volume 10, Nomor 2, Desember 2015.
Published
15-02-2018