DOMINO GAMES IN LEARNING ARABIC
Main Article Content
Abstract
This research was conducted to find out the improvement of learning outcomes in grammar learning, Arabic by using domino card games. Participants in this study were odd semester students precisely seventh semester. The research was conducted from the results of child observers (students) following the qowa'idmaterial. This research method is a class action research. The steps of its implementation; there is planning, implementation, observation and reflection. The instruments are students. As a result of the implementation of this research that Arabic language learning results increased, students became enthusiastic in receiving learning, and educators were comfortable seeing the high learning spirit of learners.
Article Details
How to Cite
Switri, E., Gafur, A., & Zaimmuddin, Z. (2020). DOMINO GAMES IN LEARNING ARABIC. Conciencia, 20(2), 109-120. https://doi.org/10.19109/conciencia.v20i2.6500
Section
Original Reserach Article
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Switri, E., Gafur, A., & Zaimmuddin, Z. (2020). DOMINO GAMES IN LEARNING ARABIC. Conciencia, 20(2), 109-120. https://doi.org/10.19109/conciencia.v20i2.6500
References
Ainin, Moh (2010). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka.
Aminudin (2014). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Munzr 7 (2) 27.
Arsyad, Azhar (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Al'arabiyah, 'Ussyaq Allughah (2008). Diktat Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab. Disusun Oleh Dosen Fakultas Pendidikan, Jurusan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, dan Fakultas Seni Jurusan Bahasa Arab di Universitas Sumatera Utara (Medan).
Asnul Uliah dan Zakiah Isnawati (2019).Metode Permaiana Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.Jurnal Shaut Al ‘Arobiah UIN Alaudin 7 (1) 31-43.
As’ari (2020). Method Of Nahwu In Arabic Learning.Jurnal Lisanuna 10 (1) 72-89.
Asni Firoidah (2020). Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al- Fusha: Arabic Language Education Jurnal 2 (2) 62-77.
Arikunto, Suharsimi (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budi Kusuma, Alam Dkk (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom di SekolahTinggi Agama Masjid Syuhada (STAIMS) Yogyakarta.Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 8 (2) 151.
Fitriana (2020). Teaching and Learning to Read Write the Qur’an Using Al-Barqi Method: A Study on Faculty of Teacher Training and Education Students in Sriwijaya University. Jurnal Conciencia XX (1) 14-27.
Fuad, Ahmad Effendy (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Misykat, Malang.
Fuad, Ahmad Effendy (2009). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat, Malang.
Hasani, Zhul Fahmi (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Kartu “Domira” untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pemalang.Jurnal Lisan ‘Arabiyah 1 (2) 117-137.
Hastuti, Dian Nur Atika Eky (2016). Implemetasi Permainan Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran IPS di SDN Kemuning Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Premeire Educandum 6 (1) 42-60.
Hendrawanto (2015). Permainan Bahasa “Domino Arab” dalam Meningkatkan Kemampuan Sintaksis Bahasa Arab (Nahwu). Diperoleh dari garuda.ritekdikti.go.id/article.php.(Jurnal).
Khoiriyah, Hidayatul (2020). Metode Qiro’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Resentif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Mengengah. Jurnal Lisanuna 10 (1) 32-32.
Izzan, Ahmad 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora, Bandung. Cet. Ke-4.
Mabrurah dan Gustiana, Aulia (2020). تطوير الوسائل التعلميية يف درس البالغة ابخسدام برانمج لكطورا اينس بر. Jurnal Lisanuna 10 (1) 1-11.
Mumpuni, Atikah dan Supriyanto, Agus (2020).Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 29 (1) 88-101.
Mustafa (2020). Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Lughat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1 (2) 56-71.
Switri, Endang (2020). Metode Manhaji Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Jurnal Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2 (1) 1-25.
Switri, Endang (2019). Teknologi dan Media Pendidikan dalam Pembelajaran. Pasuruan Jawa Timur: CV. Qiara Media.
Switri, Endang (2020). Tata Bahasa Arab (Buku Pendampingan Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula). Pasuruan Jawa Timur: CV. Qiara Media.
Sudijono, Anas (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada; Jakarta.
Tantra Sidarta, Kristian dan Hasti Yunianta, Tri Nova (2019).Pengembangan Kartu Domino (Domino Mtematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata KuliahTrigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9 (1) 62-75.
Aminudin (2014). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Munzr 7 (2) 27.
Arsyad, Azhar (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Al'arabiyah, 'Ussyaq Allughah (2008). Diktat Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab. Disusun Oleh Dosen Fakultas Pendidikan, Jurusan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, dan Fakultas Seni Jurusan Bahasa Arab di Universitas Sumatera Utara (Medan).
Asnul Uliah dan Zakiah Isnawati (2019).Metode Permaiana Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.Jurnal Shaut Al ‘Arobiah UIN Alaudin 7 (1) 31-43.
As’ari (2020). Method Of Nahwu In Arabic Learning.Jurnal Lisanuna 10 (1) 72-89.
Asni Firoidah (2020). Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al- Fusha: Arabic Language Education Jurnal 2 (2) 62-77.
Arikunto, Suharsimi (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budi Kusuma, Alam Dkk (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom di SekolahTinggi Agama Masjid Syuhada (STAIMS) Yogyakarta.Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 8 (2) 151.
Fitriana (2020). Teaching and Learning to Read Write the Qur’an Using Al-Barqi Method: A Study on Faculty of Teacher Training and Education Students in Sriwijaya University. Jurnal Conciencia XX (1) 14-27.
Fuad, Ahmad Effendy (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Misykat, Malang.
Fuad, Ahmad Effendy (2009). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat, Malang.
Hasani, Zhul Fahmi (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Kartu “Domira” untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pemalang.Jurnal Lisan ‘Arabiyah 1 (2) 117-137.
Hastuti, Dian Nur Atika Eky (2016). Implemetasi Permainan Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran IPS di SDN Kemuning Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Premeire Educandum 6 (1) 42-60.
Hendrawanto (2015). Permainan Bahasa “Domino Arab” dalam Meningkatkan Kemampuan Sintaksis Bahasa Arab (Nahwu). Diperoleh dari garuda.ritekdikti.go.id/article.php.(Jurnal).
Khoiriyah, Hidayatul (2020). Metode Qiro’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Resentif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Mengengah. Jurnal Lisanuna 10 (1) 32-32.
Izzan, Ahmad 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora, Bandung. Cet. Ke-4.
Mabrurah dan Gustiana, Aulia (2020). تطوير الوسائل التعلميية يف درس البالغة ابخسدام برانمج لكطورا اينس بر. Jurnal Lisanuna 10 (1) 1-11.
Mumpuni, Atikah dan Supriyanto, Agus (2020).Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 29 (1) 88-101.
Mustafa (2020). Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Lughat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1 (2) 56-71.
Switri, Endang (2020). Metode Manhaji Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Jurnal Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2 (1) 1-25.
Switri, Endang (2019). Teknologi dan Media Pendidikan dalam Pembelajaran. Pasuruan Jawa Timur: CV. Qiara Media.
Switri, Endang (2020). Tata Bahasa Arab (Buku Pendampingan Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula). Pasuruan Jawa Timur: CV. Qiara Media.
Sudijono, Anas (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada; Jakarta.
Tantra Sidarta, Kristian dan Hasti Yunianta, Tri Nova (2019).Pengembangan Kartu Domino (Domino Mtematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata KuliahTrigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9 (1) 62-75.