FOSTERING THE ABILITY TO READ AL-QUR'AN IN ADABIYAH PALEMBANG HIGH SCHOOL STUDENTS: A Comparative Study Of The Use Of Yanbu'a and Tahsin Methods
Main Article Content
Abstract
Article Details
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Aliyah Azizah Supriadi, A. R. (2023). Penerapan Metode Yanbu’a Pada Program Tahsin Tilawah Al Qur’an di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI) Vol. 3, No. 4 Oktober 2023 Page 1228-1247 E-ISSN: 2774-4221, 3(4), 1–14.
Annur, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif). Palembang: Noer Fikri.
Ariyadi, S. (2022). Al-Qur’an dalam Kajian Kontemporer. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 7(2), 208–216.
Aziz, A. A., Al Fatih, M., & Anah, L. (2024). PENDAMPINGAN GERAKAN CINTA AL-QUR’AN MELALUI TAHSIN AL QUR’AN DI DESA CARANG WULUNG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 33–38.
Azra, A., & Nata, A. (2008). Kajian Tematik Al-Qur’an Tentang Kemasyarakatan. Bandung: Angkasa.
Badran, M. (2023). Penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis AlQur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Pondok Pesantren Hubbul Qur’an. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora Https://Publisherqu.Com/Index.Php/Pediaqu Vol. 2, No. 3 Tahun 2023 P-ISSN: 2964-7142; E-ISSN: 2964-6499, 2(3), 11269–11286.
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Chotimah, C., Lilawati, E., Zulfah, M. A., Roziqin, M. K., Ulya, U. S., Mushoffy, A., & Fadhilah, U. M. (2022). Pengenalan Baca Tulis dan Menghafal Al Qur’an Metode Yanbu’a pada Guru TPQ di Desa Ngogri Megaluh. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 146–148. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3203
Cissé, A., & Rasmussen, A. (2022). Qualitative Methods.
Fauji, I., Fahyuni, E. F., Muhid, A., & Fahmawati, Z. N. (2020). Implementing child-friendly teaching methods to improve qur’an reading ability. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 69–78.
Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–30.
Haleem, M. A. A. (2005). The Qur’an. OUP Oxford.
Harto, K. & syarnubi. (2018). Model Pengembangan Pembelajaran Pai Berbasis Living Values Education (LVE). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1873
Hidayah, R. N., Mukhlisah, I., & Ulfah, Y. F. (2023). IMPLEMENTASI METODE TAHSIN DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 SUKOHARJO. Mamba’ul’Ulum, 47–58.
Khan, N. I. (2019). Case study as a method of qualitative research. In Qualitative techniques for workplace data analysis (pp. 170–196). IGI Global.
Nisa, E. S., & Maharani, D. (2022). Pengaruh Metode Qiraati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 43–52.
Paturyan, Y., Gevorgyan, V., Paturyan, Y., & Gevorgyan, V. (2021). Methodology of the Study. Armenian Civil Society: Old Problems, New Energy After Two Decades of Independence, 27–37.
Planing, P. (2014). Quantitative research approach. Innovation Acceptance: The Case of Advanced Driver-Assistance Systems, 141–247.
RAHMAWATI, E. F. (2017). Efektivitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran Al-Hikmah Purwoasri. IAIN Kediri.
Raudah, S. Q. N., Jannah, N., Muhibbah, N., Faisal, M., Ramadhani, R., Safitri, N. A., … Sarmila, S. (2024). Pembinaan Membaca Al-Qur’an dengan Penerapan Ilmu Tajwid bagi Anak-Anak TPA Darul Ulum Bangkuang. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(12), 2263–2271.
Rhain, A., Nashihin, H., Srihananto, T. H., & Hermawati, T. (2023). Tahsin Reading Assistance for Islamic Boarding School Tahfidz Qur’an Muhammadiyah Daarul Arqom Sawahan Ngemplak Boyolali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(1), 27–44.
Rinah, R. (2023). Peningkatan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Al-Qur’an melalui guru Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 5(3), 7210–7220.
Rukayah, R., Hafid, A., & Thaba, A. (2021). Teknik Warming Up for Reading: Strategi Belajar untuk Melejitkan Kemampuan Membaca PEMAHAMAN Peserta Didik. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 475–494.
Setiawan, B. (2013). Al-Qur’an Sebagai Teks Terbuka (Meneguhkan Nilai Kemanusiaan Dalam Al-Qur’an). Humanika, 13(1), 65–66.
Sinambela, J., & Sinaga, J. (2023). Pembelajaran Religius untuk Generasi Muda: Strategi Pendidikan yang Mendalam dan Menginspirasi: Religious Learning for the Younger Generation: Deep and Inspiring Educational Strategies. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 1(1), 60–70.
Styabudi, W., & Yuliastutik. (2022). Implementasi Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran (Studi Kasus di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang). An-Nafah, 2(2), 66–80.
Sulfasyah, S., & Arifin, J. (2016). Implikasi pendidikan nonformal pada remaja. Equilibrium: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(2), 69306.
Syafirin, M., Musabbihin, M., Ermawati, E., Nurhakilah, U., Salpiana, S., & Herawati, N. S. (2021). Program Tahsin Al-Tilâwah/Al-Qirâ’ah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak-Anak Di TPQ Maqomal Mahmud NW. Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 5–12.
Wang, M.-F. (2022). Creative Product Design with Cultural Codes. Springer.
Williams, P., & Cutler, S. (2020). Qualitative methods and analysis. Medical Imaging and Radiotherapy Research: Skills and Strategies, 323–359.