STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PROMOSI WISATA KEPULAUAN BELITUNG (Studi Pada Akun Instagram @explorebelitung) Studi pada Akun Instagram @explorebelitung
Isi Artikel Utama
Abstrak
Teori yang digunakan adalah teori bauran pemasaran 7P yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan keller yang dimana terdapat elemen-elemen di dalalamnya yakni Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidance. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah media Instagram berhasil menjadi media promosi wisata kepulauan Belitung yang ditunjukkan melalui strategi komunikasi pemasaran, ditemukan bahwa productnya adalah paket tour dan travel, sewa kendaraan darat, sewa kendaraan laut, dan jasa dokumentasi. Pricenya dengan include terlampir. Place dalam hal ini merupakan akun Instagram @explorebelitung itu sendiri. Dan proses Promotion dalam akun ini selalu disampaikan melalui akun Instagram namun hanya berlaku untuk promosi seputar destinasi dan edukasi mengenai wisata di kepulauan Belitung. People dalam penelitian ini ada pada SDM yang tergabung dalam akun Instagram @explorebelitung seperti admin, tour guide, dan fotografer dokumentasi.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Referensi
Adhaghassani. S. F. (2016). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P di Cherryka Bakery. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Dina Novita, Yenrizal, & Badarudin Azarkasyi. (2022). Strategi Komunikasi Siaran Tvri Sumatera Selatan Sebagai Televisi Publik. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(01).
Gischa, S. (2020). Jumlah Penduduk Indonesia 2020. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/08/060000069/jumlah-penduduk-indonesia-2020?page=all
Gohil, N. (2015). Role and Impact of Social Media in Tourism : A Case Study on the Initiatives of Madhya Pradesh State Tourism Introduction : Review Of Literature :5(4), 8–15.
Gischa, S. (2020). Jumlah Penduduk Indonesia 2020. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/08/060000069/jumlah-penduduk-indonesia-2020?page=all (diakses 18 Oktober 2020 pukul 16:WIB)
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga. https://belitungkab.bps.go.id. (t.t.). Https://www.bps.go.id/. (t.t.). No Title.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Malang : Penerbit Erlangga https://belitungkab.bps.go.id. (n.d.).(diakses 26 September 2020 pukul 21:33 WIB) Https://www.bps.go.id/. (n.d.). No Title. (diakses 26 September 2020 pukul 20:47 WIB)
Indasari, F., & Sari, S. (2021). Inovasi Branding Walikota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 43–50–43–50. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/109
Indasari, F., & Yanto. (2022). Pengaruh Promosi Pariwisata Terhadap Preferensi Wisatawan Mancanegara Di Kota Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 6(2), 154–161. https://doi.org/10.33369/JKAGANGA.6.2.154-161
Mafiroh, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Akun @Tamanwisatagenilagit Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Taman Wisata. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Nur Syafitri, & Badaruddin Azarkasyi. (2022). A Communication Management In Overcoming Revenue Uncertainty In The Application Of The Weighbridge Vina System At Pt. Bgr Logistics Indonesia Palembang Branch. Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 1(02), 34–43. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14154
Rizky, M. & Dewi, K. Soedarsono. (2021). Pengaruh Penggunaan Instagram @explorebali Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Program studi Ilmu Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. E-Proceedng of Management Vol.8 page 1874
Santoso, A. D. (2018). Pesona Wisata Kepulauan Bangka Belitung. Surakarta: PT Aksarra Sinergi Media.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik : Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi kompetitif, hingg e-Marketing. Yogyakarta.
Wulandari, W., Yenrizal, Y., & Azarkasyi, B. (2023). Inovasi Masyarakat Desa Bumi Pratama Mandiri Dalam Pemasaran Media Sosial Facebook: Studi Masyarakat Defa Bumi Pratama Mandira, Kecamatan Sungai Penang, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. JSIKOM, 2(1), 109–117. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14413
Yaumi, M., & Damopolii, M. (2015). Action Research: Teori, Model, Dan Aplikasi. Kencana.
Yanto, & Indasari, F. (2021). Pembentukan Opini Publik Pada Media Massa: Program Satu Milyar Satu Kelurahan Di Kecamatan Singaran Pati Panorama Kota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 27–34–27–34. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/104