ETIKA KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL “INSTAGRAM” OLEH GENERASI Z ( Studi pada Mahasiswa Fakultas FISIP UIN Raden Fatah Palembang) STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG

محتوى المقالة الرئيسي

Ira Agustiana
Reza Aprianti
Gita Astrid

الملخص

Komunikasi yang dilakukan dalam media sosial tidak selalu memakai bahasa yang baku, atau bahasa yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) bahasa Indonesia, ini menyebabkan banyaknya pengguna media sosial ini mengabaikan aspek nilai, norma dan etika berkomunikasi. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain. Maksud pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing yang terlibat agar mereka senang,tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Etika komunikasi penggunaan media sosial instagram pada mahasiswa Fakultas FISIP UIN Raden Fatah Palembang. Pendekatan pengkajian yang dipakai dalam penelitian ini ialah pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif yang menggunakan pengumpulan data seperti observasi,wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti menyimpulkan bahwa; Etika komunikasi penggunaan media sosial “Instagram” pada mahasiswa Fisip Uin Raden Fatah Palembang yaitu dengan kenali aturannya, sebelum bermedia sosial, dihimbau pengguna untuk mengetahui aturan yang berlaku. Pahami batas usia pengguna media sosial, media sosial tidak memiliki filter konten di dalamnya, sehingga seringkali muncul berbagai gambar atau berita negatif yang tidak sepatutnya dilihat oleh anak. Kemudian Perhatikan unggahan, pengguna media sosial juga diharapkan dapat pandai-pandai memilah hal-hal pribadi untuk diunggah. Saring sebelum sharing, karena yang masih menelan mentah informasi yang mereka dapatkan dan langsung menyebar luaskan berita tersebut tanpa diketahui kebenarannya sehingga menyebabkan berita hoax tersebut lebih cepat viral, terutama dalam penggunaan media sosial.

تفاصيل المقالة

كيفية الاقتباس
ETIKA KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL “INSTAGRAM” OLEH GENERASI Z ( Studi pada Mahasiswa Fakultas FISIP UIN Raden Fatah Palembang): STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2024). JSIKOM, 3(2). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16059
القسم
Articles

كيفية الاقتباس

ETIKA KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL “INSTAGRAM” OLEH GENERASI Z ( Studi pada Mahasiswa Fakultas FISIP UIN Raden Fatah Palembang): STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2024). JSIKOM, 3(2). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16059

المراجع

Dina Novita, Yenrizal, & Badarudin Azarkasyi. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI SIARAN TVRI SUMATERA SELATAN SEBAGAI TELEVISI PUBLIK. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(01).

Indasari, F., & Ida Anggriani. (2020). Krisis Komunikasi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pemberitaan Penyebaran Covid-19 melalui udara). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 7(1), 1–11. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1086

Indasari, F., & Sari, S. (2021). Inovasi Branding Walikota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 43–50–43–50. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/109

Indasari, F., & Yanto. (2018). Hubungan Brand Destinasi Terhadap Preferensi Wisatawan Mancanegara Di Kota Bengkulu. SENAR, 01(01). https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/senar/article/view/236

Jufrizal, & Indasari, F. (2021). KOMUNIKASI PERSUASIF ANTARA GURU DAN SISWA (PENELITIAN DI MAN 1 PIDIE JAYA). Jurnal Tabayyun, 2(02), 1–13. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tabayyun/article/view/11595

Nur Syafitri, & Badaruddin Azarkasyi. (2022). A COMMUNICATION MANAGEMENT IN OVERCOMING REVENUE UNCERTAINTY IN THE APPLICATION OF THE WEIGHBRIDGE VINA SYSTEM AT PT. BGR LOGISTICS INDONESIA PALEMBANG BRANCH. Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 1(02), 34–43. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14154

Octaviani, V., & Indasari, F. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Harian Radar Pat Petulai Dalam Meningkatkan Oplah. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 19–26–19–26. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/103

Saputra, S., & Indasari, F. (2022). Komunikasi Nonverbal Dalam Strategi Marketing Lowbudget Red Bull. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi, 9(2), 545–552.

Sepriadi Saputra, & Gita Astrid. (2021). Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di Era Pandemii Pada Mahasiswa FISIP UIN Raden Fatah Palembang. Proffesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 8(2), 36–43. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1861

Sri Agustini, & Sonia Nurprameswari. (2022). Komunikasi Persuasif antara Konselor dan Odhiv dalam pelayanan VCT di Puskesmas Dempo Palembang. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(2), 64–73. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/issue/view/809

Suzanto, M. T., Yenrizal, Y., & Saputra, S. (2023). ANALISIS ISI KATEGORI PEMBERITAAN PEMBUBARAN FPI DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM EDISI DESEMBER 2020. JSIKOM, 2(1), 100–108. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14704

Trisilia, A. L., & Pebriana, R. (2023). PERAN HUMAS DALAM MEMPUBLIKASIKAN KEGIATAN PEMERINTAH MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI SEKRETARIAT DPRD KOTA LAHAT: PERAN HUMAS DALAM MEMPUBLIKASIKAN KEGIATAN PEMERINTAH MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI SEKRETARIAT DPRD KOTA LAHAT. JSIKOM, 2(2), 1–9. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/17450

Wulandari, W., Yenrizal, Y., & Azarkasyi, B. (2023). INOVASI MASYARAKAT DESA BUMI PRATAMA MANDIRI DALAM PEMASARAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK: Studi Masyarakat Defa Bumi Pratama Mandira, Kecamatan Sungai Penang, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. JSIKOM, 2(1), 109–117. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14413

Yanto, & Indasari, F. (2021). Pembentukan Opini Publik Pada Media Massa: Program Satu Milyar Satu Kelurahan Di Kecamatan Singaran Pati Panorama Kota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 27–34–27–34. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/104

الأعمال الأكثر قراءة لنفس المؤلف/المؤلفين

1 2 > >>