STRATEGIES TO IMPROVE TEACHER PERFORMANCE THROUGH THE CONTRIBUTION OF CORPORATE SOCIALRESPONSIBILITY (CSR) PT. SURYABUMI AGROLANGGENG: Case Study At SDN 20 Talang Ubi
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Akcan, E. (2022). Primary school teachers’ opinions on social justice in life studies lessons and in-class practices. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 10(2), 265–278.
Alfiyansyah, A. A. (2023). Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Boyolali dalam Pemberdayaan Keluarga Nelayan Waduk Kedung Omboh. Biokultur, 12(2).
Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in the development of The Community. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 25–35.
Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 3(2), 27–35.
Beliadwi, B., & Moningka, C. (2017). Gambaran kepuasan kerja karyawan PT. Worleyparsons indonesia di tinjau dari teori dua faktor Herzberg. Psibernetika, 5(2).
Dange, J. K., & Siddaraju, J. (2020). Role of teacher training program in enhancing quality education. International Journal of Education, Culture and Society, 5(6), 137.
Fusheini, K., Tuuli, M. M., & Salia, H. (2023). Corporate Social Responsibility (CSR) Effect on Teaching and Learning: Evidence from an Emerging Economy. International Journal of Innovation in Teaching and Learning (IJITL), 9(1), 1–19.
Gukalenko, O., Borisenkov, V., Kuznetsov, V., Panova, L., & Tkach, L. (2021). Technological effectiveness of modern education: features, traditions, innovations. E3S Web of Conferences, 273, 12074. EDP Sciences.
Halim, A., & Ali, D. (2024). Membangun Pendidikan Islam Berkualitas melalui Pembaharuan Kurikulum di SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 823–834.
Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan sektor pendidikan sebagai penunjang indeks pembangunan manusia di Kota Bandung. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1).
Hutasuhut, S., Siagian, I., Silaban, H., Sitio, F., Silalahi, H. H., Naibaho, H. S. D., & Lahagu, P. H. (2025). Kesejahteraan Guru di Indonesia. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 3(1), 227–235.
Junanto, S., Tuanaya, R., Shofa, M. F., Muntaha, M., & Fajrin, L. P. (2024). Learning evaluation of the study group of Packages C programme in Sragen Regency. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 28(1), 1–14.
Kara, H. (2023). Qualitative data analysis. In Research and Evaluation for Busy Students and Practitioners (pp. 187–202). Policy Press.
McAllister, A. M., Wiglesworth, L., & Wilson, J. H. (2020). Establishing and sustaining a culture of collegial collaboration. PRIMUS, 30(6), 668–681.
Messy, M., Putri, F., & Ilmi, D. (2023). The Implementation Of Holistic Learning Strategies: Implementasi Strategi Pembelajaran Holistik. El-Rusyd, 8(1), 63–70.
Mykytyn, O. (2022). STRATEGIC PLANNING OF THE POLICY OF ENSURING THE VIABILITY OF THE ENTERPRISE IN THE SYSTEM OF ANTI-CRISIS BUSINESS MANAGEMENT. Publishing House “Baltija Publishing.”
Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik corporate social responsibility (csr) di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61–66.
Pandipa, A. K. H. (2020). Kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1), 1–9.
Parlindungan, D. R., Fitriana, N., & Wibowo, T. O. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pesantren dalam Mengembangkan Santripreneur melalui Program CSR. Sahafa Journal of Islamic Communication, 5(2), 258–272.
Rejikumar, G., Aswathy Asokan, A., & Sreedharan, V. R. (2020). Impact of data-driven decision-making in Lean Six Sigma: an empirical analysis. Total Quality Management & Business Excellence, 31(3–4), 279–296.
Salman, S. A., & Salman, S. A. (2021). Findings from Interviews with Insurance Operators. Implementing Takaful in India: Prospects, Challenges, and Solutions, 83–113.
Shivakumar, K. (2012). The case study method in training and management education. The IUP Journal of Soft Skills, 6(2), 55–64.
Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234.
Siswanto, E., & Hidayati, D. (2020). Management indicators of good infrastructure facilities to improve school quality. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(1), 69–81.
Soebroto, M. I., & Murniarti, E. (2024). Peran corporate social responsibility dalam bidang pendidikan pada sekolah menengah kejuruan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 1042–1060.
Vitayanti, E. A., & Firdaus, V. (2024). Mengoptimalkan Produktivitas Kerja: Dampak Insentif, Motivasi, dan Kerja Tim. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(2).
Wahyuono, T., & Wuryanto, T. (2020). Qualitative Study: The Organizational Management for Academic Character Building of the AKBARA Polytechnic of Surakarta Member. International Journal of Seocology, 34–42.
Wardani, E. P. R., Andini, A. F., Budiarti, S., Saputri, K. N., Tazkiya, S. O., & Kharismaputra, A. P. (2025). PENINGKATAN GAJI DAN TUNJANGAN GURU: KEBUTUHAN ATAU BEBAN ANGGARAN. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(4), 195–204.
Wilda, Y. A., & Sunoko, A. (2020). Implementasi corporate social responsibility (CSR) dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan SMK NU Banat Kudus. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 169–182.
Yaroshenko, O. M., Vapnyarchuk, N. M., Burnyagina, Y. M., Kozachok-Trush, N. V, & Mohilevskyi, L. V. (2020). Professional development of employees as the way to innovative country integration. Journal of Advanced Research in Law and Economics, 11(2), 683–695.