STUDY OF THE IMPLEMENTATION OF THE DUALISM OF THE AL AZHAR CURRICULUM AND THE 2013 CURRICULUM IN FIQH LESSONS AT MADRASAH ALIYAH AL ITTIFAQIAH
Main Article Content
Abstract
Article Details
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Abdurrahmansyah. Cakrawala Pendidikan Islam `Isu-Isu Kurikulum Dan Pembelajaran Klasik Sampai Kontemporer`. Edited by Nurseri Hasnah Nasution and Arisandi. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Nas Media Pustaka, 2022.
Abdurrahmansyah. Kajian Teoritik Dan Implementatif Pengembangan Kurikulum. 1st ed. Depok Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2021.
Ahmad, Abdul Kadir, and Kun Mardiwati Rahayu. “Integrasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Al Azhar Asy Syarif Di MTsN Al Azhar Asy Syarif Indonesia.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 1, no. 3 (2020): 151–62. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3286.
Dayem, Fatimah Gamal Abdel, Abdul Fikri, Sutrisno, and Mohammad Joko. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Di Al-Azhar, Mesir Pada Era Kontemporer.” Buletin Edukasi Indonesia (BEI) 3, no. 01 (2024): 27–37. https://doi.org/10.56741/bei.v3i01.519.
Fauzi, Muhammad, Hasty Andriani, Romli, and Syarnubi. “Budaya Belajar Santri Berprestasi Di Pondok Pesantren.” Nasional Education Conference, no. July (2023): 140–47.
Hasriadi. Strategi Pembelajaran. 1st ed. Bantul: Mata Kata Inspirasi, 2021.
Hidayah, Nurul. “Model Pembelajaran Cooperatif Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Literasiologi 7, no. 2 (2021): 1–11. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.280.
Ikwandi, Muhamad Ripin. “Dualisme Pendidikan Manajemen Pendidikan Sekolah Dan Madrasah.” Edusiana:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9 No.2 (2022): 105–24.
Kamal, Faisal. “Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 15–26. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572.
Mustamin, M Hasyim. “Dualisme Dalam Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Nilai Dan Identiti Pelajar: Centre for Islamic Deveelopment Management Studies (ISDEV) and Instit.” Pusat Pengajian Ilmu Pendidikan Universitas Sains Malaysia, no. October (2010): 1–19.
Nur Aini, Kususma Dewi, and A Q Lazuardy. “Kritik Dualisme Dalam Pendidikan Islam.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 2 (2020): 307–12. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/417.
Saputra, Hardika. “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5, no. 1 (2013): 1–7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA.
Sholeh Hutomo, Ghamal, and Tasman Hamami. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI.” At-Tafkir 13, no. 2 (2020): 143–52. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1624.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Revisi. Bandung: Alfabeta, 2019.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Suyatno. “Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2 (2012): 179–88. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/2506/1332.
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan ke. Jakarta: Kencana, 2020.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Surabaya: CV Putra Media Nusantara, 2010.